Senin, 09 Mei 2011

Layanan Transaksi Belanja di Merchant

Layanan Transaksi Belanja di Merchant

Apa yang dimaksud dengan EDC Terminal?

EDC (Electronic Data Capture) yang tersedia di merchant adalah alat yang berfungsi untuk menerima transaksi Kartu Mandiri secara electronic melalui Jaringan Visa International dan Bank Mandiri.

Bagaimana caranya transaksi menggunakan Kartu Mandiri di merchant

  1. Lihat logo Visa/Visa Electron dimerchant
  2. Berbelanja sesuai dengan kebutuhan Nasabah.
  3. Serahkan Kartu Mandiri ke kasir, kemudian kasir menggesek (swipe) Kartu Mandiri dimesin EDC.
  4. Usahakan nasabah menyaksikan sendiri digesek (di-swipe) di mesin EDC. Hal ini berlaku untuk seluruh jenis merchant (termasuk jenis merchant restoran/bar dan sebagainya).
  5. Yakinkan jumlah belanja di sales draft dengan benar.
  6. Tanda tangani sales draft.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan untuk transaksi belanja di Internet dan dengan menggunakan sarana surat/fax atau telepon (MOTO = Mail Order and Telephone Order)?

Untuk saat ini, demi keamanan transaksi baik di Internet nasabah , maupun menggunakan surat/fax dan telepon tidak dapat digukanan dan transaksi akan ditolak.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan sebagai deposit, misalnya di hotel dan rumah sakit pada saat check – in atau Rental?

Nasabah sebaiknya tidak menggunakan kartu Mandiri untuk transaksi deposit, sehubungan Kartu Mandiri hanya untuk transaksi on-line. Apabila deposit nasabah lebih besar dari transaksi, system tidak dapat mengembalikan/mengkredit sisa transaksi rekening nasabah.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan untuk pembayaran pada saat check-out

Kartu Mandiri nasabah dapat digunakan untuk pembayaran pada saat nasabah check-out di hotel, Rumah Sakit atau Rental.

Mengapa Kartu Mandiri digunakan berbelanja tidak menggunakan PIN

Sehubungan Kartu Mandiri merupakan kartu debit berlisensi Visa Inter national dimana Bank Mandiri harus mengikuti aturan international Visa International yaitu untuk belanja harus menggunakan tanda tangan.

Dengan menggunakan tanda tangan, merchant di Indonesia dan kawasan Asia Pacific lebih banyak menerima kartu yang menggunakan tanda tangan dibandingkan PIN sehingga Nasabah akan mendapatkan kemudahan transaksi.

Sehubungan Kartu Mandiri untuk transaksi di merchant menggunakan tanda tangan, bagaimana caranya menjaga Kartu Mandiri agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak diinginkan?

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk meminalisir terjadinya penyalahgunaan Kartu Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Segera tandatangani Kartu Mandiri pada panel tanda tangan di belakang kartu pada saat nasabah menerima kartu.
  • Catat nomor Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777.
  • Simpanlah Kartu Mandiri di tempat aman dan usahakan selalu berada dalam pengawasan Nasabah.
  • Apabila Kartu Mandiri Nasabah hilang/dicuri/tertelan di ATM, segera hubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777.
  • Segera daftar layanan SMS Banking SMS BANKING di menu PendaftaranE-BANKING DI ATM Mandiri atau di Cabang Bank Mandiri, untuk memperoleh pemberitahuan otomatis transaksi via SMS ke HP nasabah.
  • Segera hubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777, apabila Nasabah menemukan mutasi transaksi yang mencurigakan di rekening.

Minimal transaksi berapakah nasabah akan mendapatkan pemberitahuan SMS Banking?

Nasabah akan mendapatkan pemberitahuan SMS Banking untuk setiap minimal transaksi Rp.1 juta baik debit maupun kredit.

Untuk mendapatkan perubahan pemberitahuan SMS, nasabah dapat menghubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777 atau Cabang Bank Mandiri.

Apakah Kartu Mandiri dapat tidak berfungsi untuk transaksi belanja?

Atas permintaan nasabah, Kartu Mandiri dapat difungsikan hanya untuk ATM saja (fungsi untuk belanja dihilangkan). Fungsi ATM ini tetap berlaku di ATM Mandiri, ATM LINK, ATM PLUS/Visa/Visa Electron dan Cabang Bank Mandiri.

Apabila nasabah ingin mendapatkan layanan ini segera hubungi Cabang Bank Mandiri.